Pokmaswas Pandanan


Pandanan adalah sebuah dusun di Desa Malaka, Kecamatan Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, sekitar 50 menit perjalanan darat dari Kota Mataram, Ibu Kota Provinsi Nusa Tenggara Barat ke arah utara. Letaknya antara Pantai Sengigi dan Gili Matra. Dusun Pandanan "memiliki" garis pantai yang tidak terlalu panjang, sekitar 1,5 kilometer, berbentuk cekung sehingga Pantai Pandanan dapat dikatagorikan sebagai teluk kecil.

Dusun Pandanan dihuni oleh penduduk sebagian besar Suku Sasak dengan jumlah sekitar 300 KK yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai nelayan. Pantai Pandanan telah dimanfaatkan sebagai destinasi wisata dengan sarana pendukung berupa warung-warung tepi pantai dengan sajian khas ikan laut bakar.

Kontras dengan wilayah daratan, wilayah laut di Dusun Pandanan belum dikelola dengan baik. Pemanfaatannya sebatas area parkir perahu/kapal nelayan atau kapal trasnportasi, wisata pantai, dan area pemancingan. Sumberdaya laut berupa air laut yang jernih, ekosistem terumbu karang belum dikelola dengan baik. Faktanya memang tidak terdapat ekosistem terumbu karang yang mampu memukau pengunjung. Terumbu karang di Laut Pandanan telah rusak akibat pemanfaatannya di masa lalu yang tidak ramah lingkungan.

Beranjak dari kondisi ini, sebagian warga Dusun Pandanan didukung oleh Komunitas Penyelam Nusa Tenggara Barat (Kapela NTB) menginisiasi sebuah program rehabilitasi terumbu karang dengan nama Taman Laut Pandanan (Pandanan Marine Technopark). Kelembagaan pelaksanaan telah dibentuk yaitu berupa Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Pandanan yang telah ditetapkan pembentukannya berdasarkan SK Kepala Desa Malaka nomor 141/05/Skep.Kades/MLK/2020 tanggal 5 Februari 2020. Pengukuhan Pokmaswas Pandanan telah dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Barat pada tanggal 22 Februari 2020 bersamaan dengan penurunan struktur tranplantasi karang dan dan penanaman bibit karang.


Semoga upaya pemulihan ekosistem terumbu karang di Pantai Pandanan ini dapat terus dilakukan dengan dukungan banyak pihak. Selain pemulihan ekosistem terumbu karang, program Taman Laut Pandanan juga bertujuan untuk menyediakan laboratorium bagi pendidikan, pelatihan, maupun penelitian. Tidak ketinggalan tujuan untuk mensejahterakan warga pesisir setempat berbasis pengelolaan sumberdaya kelautan yang berkelanjutan juga diupayakan.

Wassalam!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar